Kajian

    Ini adalah beberapa materi kajian agama islam dalam lingkup Madrasah atau pondok pesantren. Karena memang saya dididik dari lingkungan madrasah dan pondok pesantren. Namun saya sarankan untuk belajar agama kepada seorang ulama yang memang lebih memahami materi keagamaan. Agama merupakan sesuatu yang sangat mendasar bagi seseorang. Maka untuk memahaminya juga mesti hati-hati tidak asal berpedoman apalagi jika hanya belajar melalui media elektronik (Internet, media sosial atau buku). semua tulisan yang kita anggap kebenaran adalah subjektifitas tafsir dari seseorang yang kita tidak tahu maqom dan silsilah ilmu agamanya (sanad-perawi). Berbeda jika kita mengaji kepada seorang kyai atau ustadz yang tentu kita tahu sanad beliau.
    Ilmu agama tidak sembarang diajarkan, melalui proses untuk kita bisa memahami dari tujuan diadakannya agama. Memiliki agama tentu bukan hanya sebuah identitas seseorang. Karena tujuan manusia beragama adalah harapan tentang semua. Menyebarkan agama adalah keharusan untuk mereka yang mempunyai ilmu agama. dan mencari ilmu agama juga diwajibkan dari sejak dilahirkan hingga masuk keliang lahat. Seorang yang mempunyai ilmu agama tentu akan terlihat dari tutur dan tingkah lakunya. Merakalah yang diridhoi oleh Allah.
    Perbedaan pandangan dalam agama tentu akan sangat beragam. Bagi beberapa ulama ini adalah kewajaran karena Islam akan terus berkembang dan mereka mempunyai madzab atau aliran tersendiri untuk menyikapi keadaan yang menyangkut tentang agama tersebut. Dan ini tentu sah-sah saja. Toleransi dalam beragama tentu sangat diperlukan. sehingga jika ada yang tidak sesuai dengan keyakinan anda mengenai ajaran atau keyakinan saya dalam beragama tentu saya akan sangat menghormati begitupun yang saya harapkan dari Anda.


    Beberapa Kitab Ahlussunah Wal Jamaah
    Download ilmu Tauhid
    Download ilmu Akhlaq
    Download Ilmu Fiqih
    Download ilmu Tarikh
    Download ilmu Hadist
    Download Iktilafiyah







    No comments:

    Post a Comment